Monday, March 29, 2010

Induk Olaharaga Nasional

PSSI
Siapakah salah satu dari Anda yang belum pernah mendengar induk organisasi terbesar di Indonesia ini? PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) ini didirikan oleh seorang Soeratin Sosrosoegondo pada 19 April 1930 di Yogyakarta.


Dalam perjalanan organisasi ini, PSSI lebih banyak berkembang sebagai organisasi yang digawangi oleh para politisi bangsa yang secalang langsung ataupun tidak, telah menentang penjajahan dengan langkah menumbuhkan benih-benih nasionalisme di dada pemuda Indonesia.
KONI
anyak sekali perubahan-perubahan yang dialami oleh KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) sepanjang perkembangannya sejak digagas pada tahun 1946. Dan sebenarnya, KONI ini merupakan pengganti dari organisasi serupa yang bertujuan sama untuk mengkoordinir kegiatan olahraga pada tingkat nasional.
PBSI
Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia adalah induk organisasi dari cabang olahraga bulutangkis yang pada awalnya bermarkas di Bandung sejak kelahirannya pada tanggal 5 Mei 1951.


Yang cukup misterius dari adanya PBSI ini adalah fakta sejarahnya dimana tidak ada catatan yang jelas tentang pengagasnya dan perkembangan pendahulunya. Jadi, bermula dari kota Bandung itulah diadakan sebuah kongres yang mengudang banyak peserta untuk membahas bagaimana pembentukan induk organisasi yang bersifat nasional ini.

Berita yang beredar mengenai PBSI adalah organisasi ini dibuat sebagai kelanjutan dari gagasan yang muncul sejak Indonesia merdeka dari Belanda dan semua organisasi menyesuaikan diri.

No comments:

Post a Comment